enterprise development
Perusahaan
yaitu suatu organisasi yang mempoduksi barang ataupun jasa dengan
mengkoordinir sumber-sumber produksi guna memenuhi kebutuhan hidup
manusia yang bertujuan untuk mencari laba.
Di dalam membangun perusahaan ada tiga cara yang dapat digunakan:
1.Membeli Perusahaan yang Telah dibangun
Banyak
alasan mengapa seseorang memilih membeli perusahaan yang sudah ada
daripada mendirikan atau merintis usaha baru, antara lain risiko lebih
rendah, lebih mudah, dan memiliki peluang untuk membeli dengan harga
yang bias ditawar. Membeli perusahaan baru sedikit risikonya, karena
kemungkinan gagal lebih kecil, dan lebih memakan sedikit waktu.
Namun
bukan berarti dalam membeli perusahaan yang telah dibangun tidak
mempunyai masalah. Berikut masalah yang timbul dalam membeli perusahaan
baru:
· Masalah
eksternal, yaitu lingkungan misalnya banyaknya pesaing dan ukuran
peluang pasar. Beberapa pertanyaan mendasar dalam menghadapi lingkunagn
esksternal ini, misalnya : apakah perusahaan yang dibeli memiliki daya
saing harga di pasar, khususnya dalam harga dan kualitasnya ? Bagaimana
segmen pasarnya? Sejauh mana agresivits pesaingnya? Apakah ada industri
yang dominan? Bagaimana ukuran dan pertumbuhan pasarnya? Apakah ada
perubahan teknologi yang dapat mempengaruhi perusahaan yang dibeli?
Setiap pembelian perusahaan harus memperhatikan lingkungan yang
mempengaruhinya.
· Masalah
internal, yaitu masalah-masalah yang ada dalam perusahaan, misalnya
masalah reputasi perusahaan. Misalnya masalah karyawan, masalah konflik
antara manajemen dan karyawan yang sukar diselesaikan oleh pemilik yang
baru, masalah lokasi, dan masalah masa depan perusahaan lainnya. Sebelum
melakukan kontrak jual beli perusahaan yang akan dibeli, ada beberapa
aspek yang harus dipertimbangkan dan dianalisis oleh pembeli.
Contoh perusahaannya: Aca Asuransi, PT. Lamda Indoperkasa, Wom Finance.
2.Memulai perusahaan baru.
Memulai usaha baru yaitu membentuk dan mendirikan usaha baru dengan
menggunakan modal, ide, organisasi, dan manajemen yang dirancang
sendiri. Ada 2 pendekatan utama yang digunakan wirausahauntuk mencari
peluang dengan mendirikan usaha baru :Pertama,
pendekatan“inside-out”atau disebut dengan“idea generation” , yaitu
pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan
keberhasilan usaha. Merekamelihat keterampilan sendiri, kemampuan, latar
belakang dan sebagainya yangmenentukan jenis usaha yang akan dirintis.Kedua,pendekatan“the
out-side in” yang juga disebut“opportunity recognition”, yaitu
pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan
berhasil apabila menanggapi ataumenciptakan suatu kebutuhan pasar.
Dalam merintis usaha baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
· Bidang dan jenis usaha yang dimasuki
· Bentuk usaha dan bentuk kepemilikan yang dipilih
· Tempat usaha yang akan dipilih
· Organisasi usaha yang akan digunakan
· Jaminan usaha yang mungkin diperoleh
· Lingkungan usaha yang akan berpengaruh.
Contoh perusahaannya: Henanza Furniture, TRANZ 7, PT. Kahaptex,
3.Membeli hak lisensi (franchising)
Franchise
adalahsuatu persetujuan lisensi menurut hukum antara suatu perusahaan
(pabrik) penyelenggara dengan penyalur atau perusahaan lain untuk
melaksanakan usaha.Franchising merupakan cara memasuki dunia usaha yang
sangat populer diseluruh dunia. Produk-produk franchising telah menjadi
produk global. Format bisnis franchising telah memberikan fasilitas jasa
yang luas bagi para dealer (franchisee) seperti pemasaran, periklanan,
pelatihan, standar produksi, dan pengerjaan manual, serta bimbingan
pengawasan kualitas. Dalam franchising, perusahaan yang diberi hak
monopolimenyelenggarakan perusahaan seolah-olah merupakan bagian dari
perusahaan pemberi lisensi yang dilengkapi dengan nama produk, merek
dagang dan prosedur penyelenggaranya secara standar. Perusahaan induk
(franchisor) mengizinkanfranchisee untuk menggunakan nama,
tempat/daerah, bimbingan, latihankaryawan, periklanan, dan perbekalan
material yang berlanjut.
Contoh perusahaannya: KFC, Pertamina, MC Donal.
Sumber: Scrib Kel-5 Merintis Usaha Dan Model ya 2011
Universitas Lambung Mangkurat.
Universitas Lambung Mangkurat.
0 komentar:
Posting Komentar